• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : perpustakaan@iainmadura.ac.id

SELAYANG PANDANG

Memiliki masyarakat yang cerdas merupakan cerminan dari kemajuan suatu bangsa. Masyarakat yang cerdas dapat dinilai dari dua indikator utama, yaitu masyarakat yang selalu belajar (learning society) dan suka membaca (reading society). Dalam hal ini, upaya mengembangkan perpustakaan dan meningkatkan layanannya menjadi sangat penting untuk dilakukan guna menumbuhkembangkan minat dan budaya baca sebagai salah satu jalan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sebagai institusi perguruan tingggi yang berada di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia memiliki kepedulian yang sama dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat dengan menyelenggarakan layanan perpustakaan. Spirit pertama yang ditanamkan dalam layanan perpustakaan IAIN Madura adalah semanagat iqra' (Bacalah!) dengan segala implikasi makna filosofisnya. Inilah bingkai utama kontribusi perpustakaan dalam menyajikan ragam sumber informasi dan pengetahuan guna menumbuhkembangkan minat dan budaya baca untuk kemajuan bangsa.

Kehadiran perpustakaan IAIN Madura merupakan jantung pengetahuan dan cakrawala berfikir bagi warga kampus, terutama untuk kepentingan penelitian dan pengembangan dosen, mahasiswa, karyawan dan para profesional pendidikan ataupun masyarakat yang peduli terhadap pemberdayaan dan pembangunan masyarakat. Hadirnya layanan perpustakaan IAIN Madura diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara kehidupan warga kampus dengan upaya pencerdasan masyarakat secara menyeluruh di lingkungan lembaga pendidikan tersebut.

Perpustakaan IAIN Madura sudah melakukan perbaikan dan pembenahan berkelanjutan sebagai upaya mewujudkan sinergitas antara kehidupan warga kampus dengan upaya pencerdasan masyarakat secara menyeluruh di lingkungan lembaga pendidikan. Perbaikan dan pembenahan berkelanjutan tersebut meliputi berbagai macam aspek mendasar baik dari sisi pengelolaan perpustakaan, pengembangan koleksi, jaringan kerja perpustakaan, dan media informasi digital searah dengan perkembangan teknologi informasi baik melalui CD, internet dan teknologi informasi lainnya.

Pengembangan perpustakaan IAIN Madura ke depan akan lebih diarahkan pada penyediaan informasi digital sejalan dengan tuntutan zaman sehingga sivitas akademika dan masyarakat sekitar dapat memanfaatkan jasa perpustakaan sebagai fungsi edukasi dan fungsi rekreasi. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan budaya baca bagi peningkatan kecerdasan warga masyarakat.

 

Hasil polling sementara

Bagaimana Pendapat Anda tentang Web Perpustakaan IAIN Madura ?

Sangat Baik
78.9 %
Baik
11.9 %
Cukup
5.0 %
Kurang
4.1 %
Pilih polling sekarang

Mar042021

PENGUMUMAN PENGATURAN BUKA LAYANAN PERPUSTAKAAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Surat Edaran Rektor Tentang Pengaturan Buka Layanan Perpustakaan Semester Genap Tahun Pelajaran 2020

selengkapnya

 

Jan152021

Penutupan Sementara Layanan di UPT Perpustakaan

Terkait Peraturan WFH Pegawai, Layanan di UPT Perpustakaan DITUTUP mulai tanggal 18-25 Januari 2021

selengkapnya

 

  Arsip Pengumuman

Mar122019

Kuliah Umum "PEMBACAAN ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA"

09.00 - 12.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

Data Pengunjung